6 cara mengobati ispa secara alami

Related image

Pengobatan rumahan untuk infeksi saluran pernapasan adalah teknik sederhana dan bebas gangguan yang dapat dipraktikkan di rumah dengan mudah. Infeksi virus pada saluran pernapasan dikenal sebagai infeksi saluran pernapasan atau RTI. Yang ini adalah infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas termasuk sinus, tranchea, laring dan faring. Infeksi semacam itu menyebar dengan mudah satu sama lain. Mereka termasuk gejala seperti mengi, pilek, hidung tersumbat, batuk, gatal dan sakit tenggorokan dan banyak lagi. Anda dapat memilih pengobatan untuk infeksi semacam itu yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan Anda. Tetapi obat-obatan ini cenderung membuat Anda mengantuk dan tidak efisien di tempat kerja. Inilah saatnya Anda dapat menggunakan pengobatan rumahan untuk infeksi saluran pernapasan atau ispa.

Obat rumahan ini adalah cara paling alami untuk menangani masalah seperti itu dapat dilakukan di rumah dan tanpa kerumitan apa pun. Di sini kami meminta 6 obat rumah yang paling efektif untuk infeksi saluran pernapasan. Lihatlah.

1. Menghirup uap

Yang ini jelas merupakan pengobatan rumah terbaik untuk infeksi saluran pernapasan. Yang perlu Anda lakukan adalah merebus satu liter air dan menambahkan sepotong kapur barus ke dalamnya. Sekarang hirup uap ini selama 10 hingga 15 menit. Ini akan membantu membersihkan saluran pernapasan yang tersumbat dengan melelehkan selaput lendir. Ini adalah perawatan alami untuk hidung tersumbat yang meredakan dan melumasi saluran pernapasan Anda agar tidak berlanjut menjadi ispa. Namun, tidak dianjurkan untuk anak-anak, wanita hamil atau orang dengan tekanan darah tinggi.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur setiap pagi dengan air garam hangat dapat bermanfaat untuk saluran pernapasan Anda. Ini adalah obat rumah yang efektif untuk menghilangkan hidung dan tenggorokan yang teriritasi. Ini membantu dalam mengencerkan lendir, sehingga memudahkan Anda mengeluarkannya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Sekarang larutkan garam di dalamnya dan berkumurlah dengan ini setiap pagi. Anda juga bisa mencoba menyiapkan solusi ini, memasukkannya ke dalam lubang hidung dan melewatkannya melalui hidung setiap hari untuk membersihkan saluran hidung.

3. Jahe

Sebut saja penyakitnya dan jahe adalah solusinya. Dan untuk masalah pernapasan, itu adalah salah satu solusi rumah paling efektif. Sifat antivirus, antimikroba dan anti-inflamasi jahe efektif melawan akar penyebab infeksi saluran pernapasan. Anda bisa mengunyah beberapa irisan jahe setiap hari dengan sedikit garam. Anda juga bisa minum teh jahe dengan merebus beberapa irisan jahe dalam air.

4. Madu

Anak-anak yang menderita infeksi saluran pernapasan bisa sembuh dengan mengkonsumsi madu. Terapi uap tidak dianjurkan untuk anak-anak seperti itu tetapi sifat antibakteri madu dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi. Anda dapat memberikan madu kepada anak-anak Anda dengan banyak cara. Tambahkan jus lemon ke segelas air hangat dengan sedikit madu dan beri mereka minuman ini dua kali atau tiga kali sehari. Anda juga bisa memberi mereka dua sendok madu dalam segelas susu untuk efek yang sama.

  5. Duduklah di bawah sinar matahari untuk sementara waktu

Ambil sinar matahari pagi untuk bantuan. Terkadang, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan infeksi tersebut. Duduklah di bawah sinar matahari selama beberapa menit untuk mendapatkan cukup vitamin D. Pastikan untuk duduk di bawah sinar matahari pagi karena tidak sekuat dan sekeras sisa hari. Anda bahkan dapat mengonsumsi suplemen vitamin D tetapi hanya jika dokter Anda merekomendasikannya kepada Anda.

6. Eucalyptus

Eucalyptus juga bisa membantu memberikan pertolongan. Rebus beberapa daun kayu putih dalam air dan hirup uapnya. Anda juga bisa mencoba mengendus sedikit minyak kayu putih untuk membersihkan hidung tersumbat. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit flu yang berlanjut yaitu ispa. 

sumber :

https://www.cochranelibrary.com

https://doctor.ndtv.com

sumber gambar

https://www.alodokter.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*